Alumni University of Houston Dari Indonesia Tahun 1988

Oleh: Suparlan *)

Pada tanggal 24 September 2015, saya memperoleh tugas menjadi narasumber kegiatan MBS dalam rangka PSM di Hotel Astria Serpong. Kegiatan tersebut dibuka oleh Pak Didik Prangbakat, Kasubdid Pembelajaran Direktorat Pembinaan Sekolah Dasat, mewakili Direktur Pembinaan Sekolah Dasar, Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, yang tidak dapat hadir karena harus menghadiri undangan yang tidak dapat diwakilkan.

Dalam acara pembukaan tersebut, Pak Didik Prangbakat selalu menyebut-nyebut nama saya, sebagai konsultan Dewan Pendididkan dan Komite Sekolah. Dikatakan bahwa sering bertugas menyusun berbagai panduan umum tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah. Selepas acara pembukaan ditutup dengan doa, ada seorang peserta yang kemudian mendekati dan menyalami saya dengan erat sambil menyebut nama “Pak Parlan!” Saya pun menjadi terbengong-bengong memandangi wajahnya. Siapa ya? Sambing mengingat-ingat siapa nama dan dari mana? Akhirnya ingatlah seorang teman lama, yaitu seorang alumni Alumni University of Houston, saat sama-sama mengambil program master di Amerika pada tahun 1987 – 1988, yakni Pak Ramli Sitorus, ketika itu beliau utusan dari SPG Negeri Medan. Dalam kegiatan workshop ini, beliau adalah peserta dari Universitas Negeri Medan (Unimed). Memang, kegiatan Bimtek MBS dalam rangka PSM Sekolah Dasar ini melibatkan peserta dari Univerversitas, Pengawas, dan Komite Sekolah dari 18 (delapan belas) provinsi. Pertemuan saya dengan Pak Ramli ini adalah setelah 27 (dua puluh tujuh tahun) tidak berjumpa. Pertemuan yang luar biasa. Hanya Allah jualah yang mempertemukan.

Untuk mengabadikan pertemuan ini, saya dengan Pak Ramli mencoba untuk mengingat-ingat nama 30 (tiga puluh) guru SPG seluruh Indonesia, termasuk dari jurusan apa saja yang mengikuti program master di University of Houston, Texas, Amerika Serikat. Kami berdua mencoba mencatat nama-namanya, kemudian dari Provinsi mana saja. Tetapi ternyata, mengingat sudah begitu lama, kami berdua tidak berhasil mencatat semua teman-teman lama ini. Bahkan kemudian diketahui ada di antaranya yang sudah menghadap Allah Swt. Baiklah, nama-nama inilah yang akhirnya dapat kami peroleh.

1. Ramli Sitorus. Orang Batak ini berasal dari Provinsi Sumut, dari SPG Negeri Medan. Alamatnya Jalan Raya Menteng Gg Mangga 22, Medan. E-mail: sitorusramli105@ymail.com. HP 085261765762. Sekarang beliau masih menjadi dosen di Unimed.
2. Suparlan. Sayalah yang menulis tulisan singkat ini bertajuk Alumni UH 1988. Saya berangkat ke University of Houston dari SPG Negeri Pamekasan, yang berasal dari mata pelajaran IPS. Silahkan catat alamat saya sekarang di Taman Depok Permai Blok D Nomor 6 Depok II Timur Kota Depok, dengan laman pribadi www.suparlan.com, dan e-mail me@suparlan.com. Saat ini masih menjadi dosen tetap di Univertias Tama Jagakarsa, Jakarta Selatan, di samping menjadi konsultan perseorangan pada Output Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah, di Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Sopar Simanjuntak. Meski sama-sama Ramli Sitorus berasal dari Medan, alumni ini tidak dapat dijelaskan dengan lengkap. Beliau berasal dari mata pelajaran IPA.
4. Pieter Simanjuntak. Nota bene sama dengan Sopar Simanjuntak, yang berasal dari mata pelajaran Matematika.
5. Silviana, berasal dari mata pelajaran IPA di SPG Negeri Padang. Sekarang bekerja di PGSD Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat.
6. Samsir, Olahraga dan Kesehatan, SPG Negeri Padang.
7. Abdurrahman, mata pelajaran IPA, Provinsi Jawa Barat.
8. Sri Hamda, mata pelajaran IPA.
9. Surachman Dimyati, mungkin malah sudah Professor. Berangkat dari mata pelajaran IPA di SPG Negeri Bangkalan. Sekarang di Universitas Terbuka Jakarta.
10. Bambang, berasal dari mata pelajaran Matematika SPG.
11. Suwarso, berasal dari matapelajaran IPS.
12. Moh. Hafid. Berasal dari mata pelaaran Matematika SPGN Makassar.
13. Wati berasal dari mata pelajaran PLB Bandung.
14. Ratna berasal dari mata pelajaran Matematika SPGN Makassar.
15. Yoce Kembuhan dari mata pelajaran IPS SPG Negeri Menado.
16. Wayan Darsana dari mata pelajran Olahraga dan Kesehatan SPGN Denpasar. Sekarang di Universitas Negeri Bali.
17. Hamdani berasal dari mata pelajaran Olahraga dan Kesehatan SPGN Padang Sumbar.

Baru tujuh belas orang yang berhasil didaftar? Kurang tiga belas orang lagi. Kami berdua tidak dapat lagi melacaknya. Kepada teman-teman yang membaca tulisan ini di laman saya, mohon kiranya dapat melengkapi daftar ini. Terima kasih dan mohon maaf. Alangkah baiknya dan bahagianya jika suatu saat nanti kita dapat reuni ya? Adakah teman-teman yang masih dapat menjalin komunikasi dengan para dosen kita? Wallahu alam bishawab.

*) Laman: www.suparlan.com; Surel: me@suparlan.com

Jakarta, 3 September 2015.

Komentar

Apabila Anda punya pertanyakan silakan kirimkan pertanyaan Anda ke http://masdik.com/pertanyaan/

*