Masdik.com Portal Pendidikan

Kultum 24: Kemerdekaan

1. Pada tanggal 16 Agustus 1945, sehari sebelum proklamasi kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 1945, Bung Karno dan Bung Hatta dijaga ketat oleh para pemuda pejuang, agar tidak terpengaruh oleh janji-janji Pemerintah Jepang. Itulah sebabnya terjadilah Peristiwa Rengas Dengklok. Dalam peristiwa itu para pemuda pejuang berhasil meyakinkan Bung Karno dan Bung Hatta bahwa Jepang akan menyerah kepada sekutu, untuk ini para pemuda telah menyatakan kesiapannya untuk melawan Jepang, apa pun resikonya. Akhirnya, Bung Karno dan Bung Hatta, atas nama Bangsa Indonesia, berhasil memproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

2. Pada awal tulisan ini saya awali kata-kata mutiara dari Liberti-Tree, hasil rowsing internet tentang kemerdekaan. Life is a gift, freedom is a responsibility (Liberty-Tree.ca (c) Copyright 2010). Kehidupan adalah anugerah, kemerdeaan adalah rasa tanggung jawab. Satu kata-kata mutiara yang sangat indah, yang sangat kontekstual dengan peringatan hari bersejarah ini. Kehidupan kita memang anugerah yang Maha Pencipta. Kita ada di muka bumi ini dan apa yang terjadi terhadapnya adalah semata-mata karena anugerah-Nya, karena karunia Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Allahu akbar! Sementara kemerdekaan yang berhasil dicapai oleh para pendiri negeri ini adalah implikaksi dari anugerah itu sendiri, yakni sebagai rasa tanggung jawab terhadap kehidupan yang telah dianugerahkan kepada kita, tentu berkat rahmat Allah semata-mata, sebagaimana tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 yang dinyatakan sebagai berikut:
“Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.”
Sungguh luar biasa ungkapan pernyataan yang telah ditorehkan oleh pendiri negeri ini, yang merupakan gabungan antara pernyataan yang mengakuri adanya “anugerah dan keharusan untuk melaksanakan tanggung jawab terhadap anugerah itu”.
3. Hasil dari browsing internet tersebut, saya ternyata juga memperoleh, saya sebut saja sebagai “spiritual analysis” tentang hari kemerdekaan negeri tercita Indonesia, dari satu laman http://mediahatikita.wordpress.com yang mencoba menjelaskan dari aspek lain tentang makna kemerdekaan negeri kita Indonesia. Supaya Pembaca dapat membacanya secara lengkap tentang analisis tersebut, saya kutipkan saja tulisan tersebut. Terserah Anda dalam menilainya. Ternyata tulisan itu ditulis setahun yang lalu, dan kita telah ketinggalan setahun lalu. Lebih babik terlambat daripada tidak sama sekali. Inilah tulisan itu:
“Kemerdekaan Indonesia Terdapat Pada Al-Quran Surah Al-Balad”
mediahati / 18 Agustus 2013

“Kemerdekaan Indonesia Terdapat Pada Al-Quran Surah Al-Balad”
Pernahkah kita mengetahui bahwa INDONESIA ternyata lahir bukan karena suatu KEBETULAN..?

Setiap sesuatu, ada saatnya, ada masanya & bukan suatu kebetulan semata..!!!
Begitu pula untuk negeri kita ini…

Kata “INDONESIA” tentu kita sdh tdk asing lagi,Tapi pernahkah iseng2 kita hitung huruf2 yang ada di kata “INDONESIA”…

Kalau belum pernah, mari kita coba hitung2an…
I = 9
N = 14
D = 4
O = 15
N = 14
E = 5
S = 19
I = 9
A = 1

Mari kita Coba teliti, dari sekian banyak angka, angka yg muncul hanya angka…”9, 1, 4 & 5″.

Ternyata angka ini sama dgn angka tahun Kemerdekaan “INDONESIA 1945″.
Tentunya angka ini bukan KEBETULAN,tapi angka ini memang sudah ditentukan di takdir kan oleh ALLAH SWT.

Angka atau Nomor cantik ini memang “dipersembahkan” khusus utk bangsa INDONESIA tercinta ini.

Sekarng kita lanjutkan lagi,coba angka2 yg diatas tadi kita JUMLAH kan.
Maka hasil penjumlahan kita itu akan dptkan angka “90”,Angka yang cukup SEMPURNA.
Apabila angka “90” kita hubungkan dengan nama surat dlm Al-qur’an : Terdpt pd surat apa angka “90” ?

Angka “90” tepat ada pada surat “Al-Balad” yang artinya “NEGERI”…
Ternyata bukan hanya kemerdekaan yang telah dipersiapkan, tapi INDONESIA juga telah dinyatakan dalam Al-Quran bahwa wilayah ini memang sebuah NEGERI yg penuh dengan Rahmat dan karunia ILLAHI…

Lihat lah Di dalam pembukaan atau mukadimah UUD 45 terdapat kalimat
“Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.”

Maha Benar Allah Dengan Segala FirmanNya..
wallahualam bissahwab…

(Sumber : Rio Cornelianto)
Depok, 16 Agustus 2014.

Komentar

Apabila Anda punya pertanyakan silakan kirimkan pertanyaan Anda ke http://masdik.com/pertanyaan/

*