Sepuluh Kiat Hidup Sehat Tanpa Obat

***

Setiap penyakit itu ada obatnya.  Apabila obat itu mengenai penyakit, dengan izin Allah yang Maha Agung lagi Maha Perkasa akan sembuh

(HR Muslim dan Ahmad)

Keputusan memulai hidup sehat juga salah satu upaya berinvestasi sehat, yang ikut mengulur umur harapan hudup juga, berapa pun umur kita sekarang

(Dr. Hendrawan Nadesul)

***

Mati memang merupakan ketentuan Illahi. Tetapi berusaha hdup sehat adalah kewajiban kita sebagai manusia. Yang namanya usaha sudah barang tentu ada sangat banyak macam ragamnya. Bukankah Allah SWT tidak akan mengubah suatu kaum jika kaum itu sendiri tidak berusaha untuk mengubahnya.

Dalam laman http://dokternasir.web.id  Dr. Nasir menjelaskan tentang sepuluh kiat hidup sehat tanpa obat. Salah satu dari sepuluh kiat tersebut adalah himbauan kepada masyarakat untuk back to nature atau kembali ke alam.Tujuan utama himbauan ini tidak lain adalah agar masyarakat dapat kembali ke alam untuk menggunakan tanaman obat yang dapat kita peroleh dari lingkungan kehidupan kita yang kaya ini. Segera kita akan bertanya, apakah mungkin kita hidup sehat tanpa obat? Jawabannya tentu harus dikembalikan kepada Allah SWT. Apa yang tidak mungkin, jika Allah menghendaki? Hadist Riwayat Muslim dan Ahmad memberikan pesan bahwa ”Setiap penyakit itu ada obatnya. Apabila obat itu mengenai penyakit, maka dengan izin Allah yang Maha Agung lagi Maha Perkasa akan sembuh

Meski secara singkat, marilah kita pelajari dengan seksama sepuluh kiat hidup sehat tanpa obat itu.

Pertama, kenali diri Anda, baik fisik maupun kejiwaan

Inilah kiat pertama untuk hidup sehat itu, yaitu mengenali kondisi fisik dan kejiwaan kita sendiri. Pengenalan diri tentang kondisi fisik dan kejiwaan ini sangat penting untuk menjadi dasar dalam mengambil keputusan dengan tepat upaya menjaga kesehatan kita, misalnya tentang apa yang baik dan boleh dilakukan, dan apa pula yang tidak. Bahwa ketika menyadari bahwa usia kita tidak lagi muda, sudah menginjak angka lima, maka upaya untuk mengurangi makanan yang berlemak dan banyak karbohidrat sudah harus mulai dilakukan. Selain itu, jika kita sudah mengetahui bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan ternyata kita mempunyai gejala tekanan darah tinggi, maka upaya untuk mencegah makanan yang dapat memicu tekanan darah tinggi juga saat ini pula harus kita lakukan. Memang, mengenali diri dapat dengan mudah kita lakukan, tapi action yang harus kita lakukan yang tidak mudah. Apalagi kalau action itu telah menjadi kebiasaan yang tidak mudah kita hentikan. Katakan misalnya tentang rokok. Siapa yang tidak tahu kalau rokok dapat menimbulkan penyakit. Tetapi menghentikannya menjadi hal yang tidak mudah kita lakukan. Anda mengetahui teori memasak katak? Kalau belum, insyaallah penulis akan menjelaskannya dalam laman ini.

Kedua, jangan terburu-buru merasa sakit dan minum obat

Hanya karena bersin, batuk, atau agak demam, orang telah memutuskan untuk minum obat atau datang ke dokter. Padahal acap kali setelah dibiarkan tiga hari, gejala sakit itu hilang sendiri. Tubuh memang mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan sendiri. Hanya dengan beristirahat cukup, gejala sakit itu dapat segera hilang sendiri. Gejala pusing kadang bahkan dapat hilang hanya karena menghirup udara segar di taman yang tidak tercemar udara knalpot.

Tetapi ingat, gejala batuk dan bersin memang bisa merupakan tanda serius juga. Dengan batuk dan bersin, tubuh sedang berusaha mengeluarkan kuman penyakit dari saluran pernapasan. Demam berkeringat merupakan tanda tubuh sedang melawan serangan kuman. Kalau gejala itu berlangsung selama tiga hari, karena beratnya serangan, ya apa boleh buat, kita harus ke dokter untuk konsultasi medis.

Ketiga, mengusahakan variasi makanan sehari-hari

Melakukan variasi santapan, berangkat dari asumsi bahwa ada bahan makanan tertentu yang lebih bermanfaat daripada jenis makanan yang biasa kita makan sehari-hari. Kalau ini kita pakai sebagai selingan, maka kedua kelompok bahan itu dapat saling melengkapi. Bila kita terbiasa makan daging ayam dan sapi, sebaiknya mengubah kebiasaan itu, dan sekali-sekali makan ikan segar, tempe, dan tahu sebagai selingan.

Kalau hari demi hari kita makan sayur mayur hijau, karena beranggapan bahwa yang serba hijau itu pasti bagus, sesekali perlu variasi menyantap sayuran dan buah-buahan tidak hijau, seperti tomat, wortel, jagung muda, paprika merah (sebagai sayur), pisang, mangga, apel, jeruk (sebagai pencuci mulut). Setiap pagi kita memang harus sarapan. Nasi goreng dan sejenisnya mungkin menjadi jenis sarapan yang biasa kita santap. Untuk itu, maka cobalah menggantinya dengan menu makanan lain, misalnya dengan sereal, roti, kentang, atau sayur-sayuran yang sebenarnya dapat kita upayakan sendiri dengan cara mengolah tanah di sekitar rumah kita.

Keempat, menyesuaikan konsumsi dengan tingkatan umur

Jumlah zat gizi yang diperlukan tubuh berbeda-beda bergantung pada umur, macam kegiatan, dan kondisi tubuh (dalam keadaan sakit atau sehat). Pada anak-anak dan remaja yang sedang tumbuh, kelima unsur dalam makanan (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral, serta air) memang sangat diperlukan untuk mereka, sehingga tidak perlu dibatasi. Sebaliknya, untuk orang dewasa dan manula (manusia lanjut usia), pembatasan itu mutlak diperlukan. Karbohidrat dan lemak sebagai penghasil energi harus dikurangi jumlahnya, mengingat kegiatan fisik para manula sudah menurun.

Bagaimana cara mengurangi karbohidrat dan lemak? Cara yang sederhana adalah dengan mengurangi porsi nasi dan goreng-gorengan. Sebaliknya, vitamin dan mineral serta air justru harus diberikan asupan makanan dengan cukup. Zat-zat ini sangat diperlukan untuk memperlancar metabolisme dalam tubuh, dan meningkatkan daya tahannya. Hanya perlu diingat bahwa yang paling baik ialah memakai vitamin alamiah, seperti yang terkandung dalam buah-buahan dan sayuran segar. Sedangkan air yang diminum harus yang steril dan aman dari kuman, seperti air mineral yang benar memenuhi syarat sebagai air mineral.

Boleh juga air biasa yang selalu sudah direbus lebih dulu. Lebih kurang 60% dari bobot badan kita berupa air atau cairan. Itu berarti kita harus minum air lebih banyak daripada unsur makanan yang lain. Orang yang sedang sakit dan terpaksa minum obat, malah harus minum air lebih banyak lagi. Oleh karena itu, penderita “penyakit” sulit buang air, bisa tertolong dari penderitaannya dengan setiap hari minum 2 – 3 gelas air putih sebelum pergi ke belakang.

Konsumsi protein pada orang dewasa dan manula juga perlu dikurangi, meskipun tidak sebanyak pengurangan karbohidrat dan lemak. Cara mengurangi protein ini ialah dengan mengganti menu makanan sumber protein hewani dengan makanan sumber protein nabati, yang kadar proteinnya kurang atau hanya sedikit. Misalnya, kacang-kacangan, tahu, dan tempe.

Kelima, berolahraga secara teratur sesuai kemampuan

Bangsa kita memang belum termasuk bangsa yang punya hobi berolah raga. Berolahraga bertujuan memperlancar peredaran darah, dan mempercepat penyebaran impuls urat saraf ke semua bagian tubuh atau sebaliknya, sehingga tubuh senantiasa bugar. Banyak orang berpendapat, tanpa olahraga pun kita sebenarnya juga sudah berolah raga dengan bergerak badan mirip olahraga, kalau melakukan pekerjaan fisik sehari-hari seperti menyapu lantai, membersihkan rumah, mencuci, dan menjemur pakaian. Bahkan setiap kembali ke rumah dari masjid dapat digunakan sebagai kegiatan untuk berolah raga jalan kaki dengan cara berkeliling kompleks rumah kita.

Tetapi apakah semua kegiatan “olahraga” semacam ini dapat kita lakukan secara teratur dan berkesinambungan? Itu menjadi masalah tersendiri! Diperlukan kemauan yang kuat, berdasarkan keyakinan bahwa olahraga itu mutlak perlu agar badan tetap bugar, karena peredaran darah akan dapat diperlancar dengan kegiatan tersebut. Pada gilirannya ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Untuk para penderita tekanan darah tinggi, penyakit jantung, infeksi paru-paru, dan kencing manis, hendaknya berkonsultasi ke dokter dulu untuk mengetahui jenis olahraga apa yang cocok. Biasanya olahraga yang intensitasnya rendah dan dilakukan tidak terlalu lama dapat kita lakukan. Untuk orang normal yang tidak mengidap penyakit, sangat baik memilih olahraga yang kapasitas aerobiknya mempunyai dampak yang tinggi (high impact) seperti renang, aerobik, naik sepeda stasioner, dan joging.

Keenam, selalu menjaga kebersihan

Lingkungan bersih di rumah, halaman, dan kompleks hunian memberi suasana segar dan nyaman. Satu penelitian di negara Paman Sam menunjukkan bahwa kompleks perumahan yang mempunyai halaman dan lingkungan tertata rapi, bersih, hijau, dan asri, mempunyai persentase kesehatan penghuninya yang jauh lebih baik daripada kompleks perumahan yang miskin dengan tanaman.

Lingkungan bersih membuat tubuh kita juga bersih, baik jasmani maupun rohani. Kondisi ini mampu mencegah penyakit jasmani seperti infeksi kulit, alergi debu, flu, bronkitis, dan “penyakit” rohani seperti stres, frustrasi dan depresi, biang kerok menurunnya sistem kekebalan tubuh kita.

Ketujuh, meluangkan waktu untuk bersantai

Meluangkan waktu tidak brarti kita harus minta istirahat lebih banyak daripada bekerja produktif sampai melebihi kepatutan. Tidak!! Meluangkan waktu untuk istirahat itu sebenarnya hanya sebentar saja, dan ini perlu, untuk setel kendo sejenak di antara ketegangan jam sibuk bekerja sehari-hari. Orang Jepang biasa melakukan “self hypnosis” dengan cara memejamkan mata sejenak di kursi kerjanya dalam 5 – 10 menit. Kegiatan rileks seperti ini perlu dilakukan secara rutin. Bersantai juga tidak berarti harus melakukan rekreasi yang melelahkan, tetapi cukup berkumpul membicarakan masalah keseharian dengan rekan sekantor, tetangga atau keluarga di rumah. Dengan cara demikian, bukan tidak mungkin, kita akan dapat membantu memecahkan masalah, atau setidak-tidaknya meringankan beban pikiran kita yang terasa berat. Bersantai seorang diri dengan merenung dan mawas diri juga perlu. Makin sering dan rutin ini dilakukan, makin bagus keseimbangan jiwa kita. Tidur nyaman juga merupakan satu bentuk bersantai seorang diri. Stamina akan pulih dengan cepat, dan keseimbangan hormon dalam tubuh juga cepat tercapai.

Kondisi tubuh yang letih, lelah, penat, dan pikiran kusut kalau dibiarkan berkepanjangan (sampai dibawa ke kamar tidur), akan dapat menurunkan daya kerja sistem kekebalan tubuh. Pada gilirannya memudahkan terjadinya serangan penyakit.

Kedelapan, kembali ke alam atau back to nature

Kecenderungan “back to nature” berawal pada dekade 1990-an di negara Barat. Kecenderungan ini dilandasi oleh pengalaman bahwa gaya hidup yang terjadi pada zaman modern mendorong orang mengubah kebiasaan makan, seperti misalnya lebih sering menyantap makanan kalengan, sambal botolan, atau buah awetan. Juga menjadi jarang bergerak badan karena kemudahan memakai alat bantu rumah tangga, seperti mencuci pakaian dengan mesin cuci, menyapu lantai dengan penyedot debu, bepergian dengan kendaraan, padahal jaraknya cuma dekat dan lebih sehat dilakukan dengan jalan kaki. Dengan kebiasaan ini, tubuh kita menjadi manja, karena jarang bergerak, sehingga mudah terserang penyakit karena badan kita lembek akibat kekebalan tubuh kita yang menurun. Sebaliknya, seorang pendekar silat, walaupun hidup di tengah zaman modern, selalu sehat tubuhnya karena masih sering berjalan kaki, latihan rutin dengan menggerakkan badan, dan tidak memakai alat bantu hasil teknologi modern yang membuat orang jadi lembek.

Untuk kembali dekat dengan alam, bukannya kita harus makan makanan yang hanya diambil dari alam tanpa dimasak, tetapi setidak-tidaknya menghindari bahan makanan instan dari makanan dalam kaleng, dan malah memperbanyak makan sayuran dan buah yang segar dari ladang organic tanpa pupuk kimia dan pestisida. Baik juga jika kita mulai mengonsumsi nutrisi tambahan atau suplemen yang berasal dari herbal atau tumbuhan yang diracik dengan teknologi modern namun tetap dengan resep tradisional.

Kesembilan, mengolah pernapasan

Mengolah pernapasan berarti mengatur cara dan frekuensi bernapas agar lebih efisien. Dengan menghirup udara (oksigen) perlahan-lahan dalam hitungan 15 kemudian melepaskannya kembali pelan-pelan juga dalam hitungan 15, kita bisa menahan oksigen dalam badan lebih lama daripada biasanya. Oksigen akan dipakai oleh organ tubuh secara efektif, walaupun jumlahnya cuma sedikit. Selama ini kita bernapas dengan frekuensi yang tidak teratur. Kadang lambat, kadang cepat. Oksigen yang diirup juga cepat keluar lagi. Belum sampai dimanfaatkan dengan baik, sudah keburu keluar. Dalam satu menit kita benapas lima kali atau lebih.

Tetapi, dengan latihan teratur frekuensi bernapas itu bisa kurang dari lima kali dalam semenit. Setiap kalinya selalu dalam, dan berdaya guna. Akibatnya, oksigen yang dihirup cukup sedikit saja, tetapi sudah efektif. Organ tubuh akan menyesuaikan diri dengan ketersediaan oksigen yang sedikit ini, dan itu justru menguntungkan tubuh. Sebab, dengan oksigen sedikit, tetapi toh sudah efektif itu, tubuh tidak kebanjiran hasil pernapasan berupa CO2 banyak-banyak, yang tidak baik bagi kesehatan.

Kesepuluh, menggemari bacaan kesehatan

Ungkapan “Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta” sangat pas untuk menyindir orang yang ingin tubuhnya sehat, tetapi tidak mau mendekati bacaan tentang kesehatan. Kalau dekat, kita akan tahu seluk-beluk kesehatan itu lebih baik, dan kemudian dapat memakainya untuk menyusun siasat menghindari gangguan penyakit. Untuk ini penulis akan menyediakan buku Kembali ke Alam, Kembali ke TOI (Tanaman Obat Indonesia). Selain itu, penulis akan berusaha membuat KITO (Kartu Informasi Tanaman Obat). Mudah-mudahan dapat segera terwujud..

Nah, jika Anda menginginkan tubuh yang sehat tanpa harus mengonsumsi obat-obatan setiap kali sakit, maka tips-tips di atas layak untuk diterapkan dalam kehidupan Anda. Hanya dengan memperbaiki gaya hidup Anda, maka penyakit pun bisa dicegah kecuali kematian. Anda siap untuk hidup sehat? Marilah kita mulai mengenal apa itu tanaman obat, yang ternyata sangat banyak kita temukan di lingkungan kita.

Ditulis ulang pada tanggal 4 Maret 2013.

70 komentar

  1. Taukhid
    Feb 06, 2017 @ 17:26:33

    Mantap Gan,,,Kapan2 Mampir Ke BLOG ane Yaaaa….makasiiih

    Reply

  2. Annisa
    Feb 04, 2017 @ 07:34:13

    Sangat setuju sekali dengan artikel ini 🙂
    kalo sering sakit yang ada malah ngabisin uang buat berobat

    Reply

  3. alya
    Nov 09, 2016 @ 12:40:28

    banyak yang komen seputar obat bahwa obat zaman sekarang malah akan menjadi racun. setuju gak pak??

    Reply

  4. pojokshare
    Sep 07, 2016 @ 05:08:34

    intinya klo mau sehat harus atur pola makan dan rajin olahraga, minimal lari-lari kecil 30 menit keliling komplek. klo ini rutin di lakukan di jamin deh badan bakal maknyos..

    Reply

    • suparlan
      Sep 08, 2016 @ 00:32:07

      Betul sekali, saya punya dua senam: (1) senam tangan, dan (2) senam alhamdulillah.

      Reply

  5. Atska Vanserwanbos
    Jul 12, 2016 @ 08:01:12

    Trims infonya. Izin share tuk sahabat lainnya

    Reply

    • suparlan
      Jul 12, 2016 @ 08:16:25

      Silahkan coba buka Senam Alhamdulillah dan Senam tangan bisa dikopi untuk dipraktikkan. Buka personal website http://www.suparlan.com dan kini telah lahir Portal Pendidikan MASDIK.COM. Selamat menjadi pembaca yang baik. Salam.

      Reply

    • suparlan
      Jul 12, 2016 @ 08:16:25

      Silahkan coba buka Senam Alhamdulillah dan Senam tangan bisa dikopi untuk dipraktikkan. Buka personal website http://www.suparlan.com dan kini telah lahir Portal Pendidikan MASDIK.COM. Selamat menjadi pembaca yang baik. Salam.

      Reply

  6. kak dolop
    Des 28, 2015 @ 03:46:53

    Selain dari manfaat di atas , apakah ada yang lain ya ?

    Reply

    • suparlan
      Des 28, 2015 @ 14:05:08

      Dengan menerapkan sepuluh kiat tersebut, insyaallah kita akan menjadi sehat. Amin.

      Reply

  7. JIMMI
    Des 15, 2015 @ 07:26:34

    Bermanfaat kali artikel nya, saya mendapat 2 penyakit, alhamdulillah sehat tanpa obat

    Reply

    • suparlan
      Des 15, 2015 @ 09:42:31

      Mudah-mudahan bermanfaat. Sebenarnya konsepnya adalah positive thinking saja kok. Tuhan memberikan penyakit karena kasih kepada umatnya, untuk mengurangi dosa-dosa kita. Di samping itu, Tuhan memberikan penyakit dengan obatnya terutama obat secara alami. Salam. Suparlan.

      Reply

    • suparlan
      Des 15, 2015 @ 09:42:31

      Mudah-mudahan bermanfaat. Sebenarnya konsepnya adalah positive thinking saja kok. Tuhan memberikan penyakit karena kasih kepada umatnya, untuk mengurangi dosa-dosa kita. Di samping itu, Tuhan memberikan penyakit dengan obatnya terutama obat secara alami. Salam. Suparlan.

      Reply

  8. Syarifuddin
    Nov 30, 2015 @ 04:04:01

    info yang sangat penting. Saya minta ijin untuk membagikannya di blog saya http://www.santrijadijutawan.blogspot.com

    Reply

  9. Tips Trik Menarik
    Mei 19, 2015 @ 21:56:28

    Makasi banyak informasinya dok. Bermanfaat sekali. Ditunggu posting terbaru kiat kiat menariknya.

    Reply

  10. iswinar
    Apr 21, 2015 @ 12:40:23

    untuk sehat tanpa obat harus laksanakan gaya hidup sehat.

    Reply

  11. Tips Kesehatan dan Kecantikan
    Apr 19, 2015 @ 03:30:32

    Menjaga kesehatan sangat perlu dilakukan, salah satunya dengan tips dan cara diatas sangat bagus untuk dicoba, terima kasih sudah sharing.. 😉 Tips Kesehatan dan Kecantikan

    Reply

    • suparlan
      Apr 20, 2015 @ 03:57:05

      Terima kasih telah membaca tulisan tersebut. Mudah-mudahan bermanfaat. Salam.

      Reply

  12. hartomo
    Mar 25, 2015 @ 11:39:21

    Bersyukur diberi kesempatan tuk baca artikel yg sangat bermanfaat,smg Allah SWT,membalasNya dg berlipat ganda.
    Terimakasih & bersyukur,smg dpt mengamalkan serta di Anugerahi manfaat kesehatan,sehingga di Karuniai umur yg bermanfaat pula, amin YRA.

    Reply

    • suparlan
      Mar 25, 2015 @ 12:59:35

      Mudah-mudahan manfaat bagi penulisnya dan terutama bagi yang membaca dan mengamalkannya. Amin.
      Salam.

      Reply

  13. Tips Kesehatan dan Kecantikan
    Mar 24, 2015 @ 04:10:16

    Dengan mengikuti tips dan cara di atas, semoga bisa memberikan manfaat terus untuk para pembaca, terima kasih sudah sharing. 🙂 Tips Kesehatan dan Kecantikan

    Reply

  14. arthabawan
    Mar 07, 2015 @ 06:43:19

    Wah apik banget dan terimakasih pasti bermanfaat.

    Reply

    • Suparlan Abdulbasir Salim
      Mar 09, 2015 @ 22:56:19

      Matur nuwun mas. Kita mempunyai kewajiban “tabligh” atau menyampaikan. Jangan menyimpan ilmu, sampaikan kepada siapa saja. Ilmu yang bermanfaat akan menjadi salah satu amal yang mengikuti kita meski kita telah meninggal, selain amal jariah dan anak yang sholeh. Matur nuwun.

      Reply

  15. Salman
    Feb 26, 2015 @ 05:08:09

    Sehat merupakan anugerah yang terindah seletah nikmat iman dari Tuhan…. Saya merasa mendapatkan manfaat yang besar dari tulisan tulisan bapak.. Tetap berbagi ilmunya ya pak….. salam.

    Reply

    • Suparlan Abdulbasir Salim
      Mar 09, 2015 @ 22:52:58

      Terima kasih. Life is a gift, but health is a responsibility. Hidup itu anugerah, sehat itu tanggung jawab, harus berusaha. Setiap minggu saya ikut STI (senam tera Indonesia) dan mengonsumsi herbal. Insyaallah.

      Reply

  16. Hidup Sehat
    Feb 07, 2015 @ 12:43:54

    segala sesuatu akan lebih nyaman untuk di kerjakan pada waktu sehat. Ok tips yang bagus mas, perlu untuk di praktekkan biar hidup kita sehat slalu. terimakasih 🙂

    Reply

  17. eko
    Feb 04, 2015 @ 23:49:04

    Terimakasih infonya…. Ijin mengkopi dan menyebarkannya

    Reply

    • suparlan
      Feb 05, 2015 @ 00:36:34

      Dengan senang hati. Mudah-mudahan bermanfaat. Thanks a lot.

      Reply

    • suparlan
      Feb 27, 2015 @ 06:01:01

      Silahkan kopi dan sebarkan. Terima kasih.

      Reply

  18. Hedi
    Jan 10, 2015 @ 14:17:03

    Hebat sekali artikel yang bapak tulis, sangat lengkap dan mendidik

    Reply

    • suparlan
      Jan 10, 2015 @ 15:47:20

      Terima kasih. Semoga bermanfaat. Amin.

      Reply

    • suparlan
      Mei 21, 2015 @ 02:32:17

      Terima kasih kembali. Semoga bermanfaat.
      Regards,
      Suparlan

      Reply

  19. zaky
    Des 08, 2014 @ 04:26:29

    Bagus sekali pak artikelnya…silahkan baca kiat -kiat sehat versi saya…coba deh terapkan no 5 sama 6

    http://bit.ly/1w3zjgC

    Reply

    • suparlan
      Mei 21, 2015 @ 02:33:04

      Terima kasih kembali. Semoga bermanfaat.
      Regards,
      Suparlan

      Reply

  20. cara menghilangkan bekas jerawat
    Nov 15, 2014 @ 03:35:13

    hidup sehat itu memang enak, pak admin mau tanya dong, sayakan nggk suka makan obat ketika sakit, paling minum madu doang, apakah yang saya lakukan ini sudah benar dengan tidak mengkonsumsi obat berbahan kimia ketika sakit,,,
    mohon di jawab ya…. 😀
    terimakasih infonya,

    Reply

    • suparlan
      Feb 05, 2015 @ 00:39:08

      Yang harus diobati secara bertahap adalah process of thinkingnya. You have to change your thinking, to be a positive thinking. Makasih.

      Reply

  21. Tips Kesehatan dan Kecantikan
    Nov 01, 2014 @ 11:09:43

    sangat bermanfaat dan memberikan solusi bagi kami yang sedang mencari informasi tentang hidup sehat tanpa obat

    Reply

    • Suparlan Abdulbasir Salim
      Nov 03, 2014 @ 15:18:57

      Kalau ada masukan dan pengalaman dalam menjaga kebugaran dan kesehatan, dapat dikirmkan kepada kami. Salam

      Reply

  22. jamister
    Sep 25, 2014 @ 17:22:55

    makasih banyak buat infonya . sangat bermanfaat.
    Tips Hidup Sehat

    Reply

  23. ndah kres
    Jul 03, 2014 @ 02:25:57

    Memang nikmat kesehatan juga perlu di jaga,.
    Terimaksih pak infonya.

    Reply

    • suparlan
      Jul 03, 2014 @ 06:12:45

      Berpuasalah, dan Anda akan menjadi sehat. Amin. Semua penyakit ada obatnya. Amin.

      Reply

  24. agus salim
    Mei 27, 2014 @ 04:39:58

    kiat yang sangat bagus sekali,,terima kasih

    Reply

    • suparlan
      Mei 28, 2014 @ 17:11:20

      Pak, apakah bapak benar sobat kuliah saya di Malang? Bulan kemarin reuni di Malang tidak hadir? Salam.

      Reply

    • suparlan
      Feb 06, 2017 @ 21:21:52

      Malah ada buku dengan konsep TERAPI PENYAKIT DENGAN CINTA. HEEE Thanks.

      Reply

  25. lucky
    Mei 11, 2014 @ 14:13:55

    Tips yang oke punya.. siap dilaksanakan..

    Reply

  26. efri gusman
    Feb 21, 2014 @ 15:49:09

    semoga menjagi amal saleh bagi bapak atas artikel yang bapak buat ini amin.

    Reply

  27. Hidup Sehat
    Jan 06, 2014 @ 07:28:37

    Bagus kiat” hidup sehatnya, lagi belajar tuk menerapkan cara hidup sehat yang baik dalam kehidupan 🙂

    Reply

    • Suparlan Abdulbasir Salim
      Jan 07, 2014 @ 01:33:28

      Demikianlah seharusnya. Allah Swt tidak akan mengubah nasib suatu kaum jika kaum itu sendiri tidak mau mengubahnya. Jadi, kalau ingin sehat, ya berusahalah untuk menjadi sehat. Walking is the cheapest sport. Berjalan adalah olah raga yang termurah. Salam kepada teman-teman pembaca yang lain.

      Reply

  28. atul
    Des 23, 2013 @ 00:07:20

    Terima kasih info nya pak.memang benar,skg orang makin di mudahkan teknologi,jd malas untuk gerak nihh…heheh

    Reply

    • Suparlan Abdulbasir Salim
      Jan 07, 2014 @ 01:30:50

      Maaf lambat dikit membalasnya. Silahkan ikuti terus tulisan saya yang lain dalam laman pribadi saya. Salam kepada pembaca yang lain.

      Reply

  29. siti nur chainah
    Nov 24, 2013 @ 15:50:59

    cocok sekali,,,,trmksh pak artikelnya

    Reply

    • Suparlan Abdulbasir Salim
      Jan 07, 2014 @ 01:29:27

      Maaf lambat membalasnya. Terima kasih kembali. Silahkan terus ikuti tulisan saya di laman pribadi saya. Salam kepada teman-teman pembaca yang lain.

      Reply

  30. harton
    Nov 21, 2013 @ 05:54:13

    Maaf numpang bagi info produk kesehatan > Susu Kambing Higoat adalah susu terbaik setelah ASI dan sangat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit , info lebih lengkap silahkan kunjungi website di > http://www.goo.gl/VLCfrG

    Reply

    • Suparlan Abdulbasir Salim
      Jan 07, 2014 @ 01:27:48

      Terima kasih infonya. Saya suka susu. Kemarin minum susu unta langsung dari untanya. Uenakkkk… Insyaallah, saya buka laman Anda. Salam.

      Reply

  31. http://suparlan… | alami dengan pertanian
    Okt 16, 2013 @ 16:00:54

    Reply

  32. mujiono taqwa
    Sep 21, 2013 @ 08:01:30

    Tulisannya oke banget, langsung saya praktekkan nih. Smg sukses selalu untuk penulisnya.

    Reply

    • Suparlan Abdulbasir Salim
      Jan 07, 2014 @ 01:24:17

      Maaf lambat membalas komentarnya. Memang teori tanpa praktik hanya nol besar. Praktik tanpa teori nol juga, malah bahaya kalau salah praktiknya. Salam kepada teman-teman pembaca laman pribadi ini.

      Reply

  33. rini
    Sep 21, 2013 @ 00:44:52

    artikelnya menarik …… terimkasih ya dok. untuk informasinya…. di tunggu atrikel selanjutnya…..

    Reply

  34. Suparlan Abdulbasir Salim
    Agu 28, 2013 @ 15:41:18

    Terima kasih kembali. Insyaallah saya akan menerapkan filsafat teko. Ibarat air dalam teko, pengetahuan juga harus dibagi habis untuk siaopa yang memelukan. Kalau tidak maka ilmunya akan basi dan kurang bermanfaat. Silahkan buka tulisan bertajul “Filsafat Talang dan Filsafat Teko. Amin.

    Reply

  35. Azmi
    Agu 28, 2013 @ 14:17:00

    Terima kasih atas infonya. Sangat bermanfaat. Ditunggu ya artikel-artikel lainnya…

    Reply

    • Suparlan Abdulbasir Salim
      Jan 07, 2014 @ 01:18:07

      Terima kasih kembali. Insyaallah saya akan menerapkan filsafat teko. Ibarat air dalam teko, pengetahuan juga harus dibagi habis untuk siaopa yang memelukan. Kalau tidak maka ilmunya akan basi dan kurang bermanfaat. Silahkan buka tulisan bertajul “Filsafat Talang dan Filsafat Teko. Amin.

      Reply

  36. Tips Tetap Sehat Alami
    Mei 25, 2013 @ 18:05:03

    nice infonya Pak, bermanfaat sekali buat saya.. salam kenal dan sukses selalu buat Bapak.. terimakasih.

    Reply

    • Suparlan Basir
      Mei 27, 2013 @ 10:28:01

      You’re welcome. Salam kenal kembali. See you next topic. Hi….

      Reply

  37. hidup sehat biar panjang umur =)) ^^ | farichafirdausyah
    Mei 19, 2013 @ 06:04:25

    Reply

    • Suparlan Basir
      Mei 19, 2013 @ 11:52:59

      Benar sekali. Tetapi ingat, sebaik-baik manusi adalah yang panjang usianya dan banyak amal ibadahnya. Amin.

      Reply

Komentar

*