Buku Tanya Jawab Pengembangan Kurikulum dan Materi Pembelajaran

Buku ini disusun sebagai buku teks untuk mata kuliah Pengembangan Kurikulum dan Materi Pembelajaran untuk program studi Pendidikan Bahasa Inggris pada Fakultan Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Buku ini juga dapat digunakan untuk mata kuliah Telaah Kurikulum dan Buku Teks untuk program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada fakultas yang sama, dengan penyesuaian seperlunya.

Buku ini antara lain menjelaskan tentang sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, mulai dari istilah kurikulum itu sendiri belum digunakan secara resmi, sampai dengan kurikulum yang harus disusun sendiri oleh satuan pendidikan sekolah, yang dikenal dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTP).

Buku ini sengaja disusun dalam bentuk tanya jawab dengan maksud untuk memudahkan para guru dalam menemukan jawaban atau jalan keluar ketika para guru tersebut menghadapi masalah dalam pelaksanaan tugasnya sebagai guru, khususnya dalam pelaksanaan kurikulum operasional di satuan pendidikan sekolah. Misalnya ketika para guru terlibat dalam proses penyusunan kurikulum bersama dengan semua pemangku kepentingan (stakeholders), penyusunan silabus dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Buku ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi mahasiswa calon guru dan para guru yang terlibat aktif dalam kegiatan KKG (Kelompok Kerja Guru).

Untuk kesempurnaan buku ini, penulisa akan sangat terbuka menerima masukan dan usul perbaikan dari para pembaca. Masukan tersebut dapat dikirimkan melalui alamat e-mail me [at] suparlan [dot] com. Sebelumnya, penulis menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih.

Komentar

*